Sunday, March 31, 2013

Penjelasan mengenai "Inovasi dan Kreativitas Menghasilkan Pertanian Berkualitas"



     Pertanian yang berkualitas merupakan dambaan setiap petani. Untuk membuat pertanian menjadi berkualitas ada beberapa syarat seperti pengelolaan tanaman yg baik, menjaga kualitas tanah, menetapkan standar tinggi untuk produk yang dihasilkan sampai pada proses pemasaran produk pertanian tersebut. Namun, hal itu ternyata belum cukup untuk menjadikan sebuah pertanian yang berkualitas. Ini dikarenakan tantangan alam dan permintaan konsumen, banyaknya masalah yang ada mendorong petani untuk memutar otak agar hasil pertanian mereka menjadi tidak sia-sia. Selain masalah, ada juga hal-hal unik yang bisa menyebabkan permintaan konsumen bertambah, seperti membuat semangka berbentuk kotak yang sudah ada di jepang, ada juga yang berbentuk piramid sampai berbentuk hati. Produk pertanian yang unik tersebut bisa menjadi komoditas yang unggul baik secara kualitas kandungan di dalamnya dan penampilan di luarnya.

      Nah, disinilah peranan para petani cerdas yang ada di IPB. Mereka adalah pelopor inovasi dan kreativitas untuk menjadikan bidang pertanian menjadi berkualitas lewat produk-produk baru yang dihasilkan dari eksperimen serius. Salah satunya adalah beras analog yang merupakan buah karya dari IPB. Beras ini berbahan dari tepung jagung, tepung sorgum dan tepung sagu. Bahan-bahan tersebut dipilih karena berkualitas, seperti  sorgum yang indeks glikemiknya rendah yang cocok untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes. Selain itu kadar protein dari beras analog lebih tinggi jika dibandingkan dengan beras biasa. Nah, ini dia saya lampirkan proses pembuatan beras analog. 


         Produk ini merupakan bukti nyata bahwa sebuah inovasi dan kreativitas bisa berdampak baik. Ini baru satu penemuan saja, karena di IPB punya banyak sekali karya termasuk dalam bidang pertanian yang patut dibanggakan. Sekarang saatnya berinovasi dan berkreativitas lebih banyak supaya hasil pertanian juga lebih berkualitas!



Sumber :
http://www.ristek.go.id/index.php/module/News+News/id/11063
http://lembagasemai.blogspot.com/2013/03/beras-analog.html

0 comments:

Post a Comment